Pengertian, Ciri-Ciri, dan Jenis-Jenis Media Pembelajaran
Pengertian Media
Media berasal dari bahasa latin "Medium" yang berarti perantara atau pengantar. Media juga diartikan sebagai sesuatu yang menjadi perantara atau penengah komunikasi, serta saluran komunikasi antara pengirim dan penerima pesan berlangsung.
Pengertian Media Menurut Para Ahli :
- Pengertian media pembelajaran menurut Latuheru (1988: 14) media pembelajaran adalah semua alat (bantu) atau benda yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar, dengan maksud menyampaikan pesan (informasi) pembelajaran dari sumber (guru maupun sumber lain) kepada penerima (dalam hal ini anak didik atau warga belajar). Berdasarkan pendapat ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran alat bantu untuk menyampaikan pesan dari sumber kepada penerima.
- Sadiman (2008: 7) menjelaskan media pembelajaran adalah segal sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima pesan. Dalam hal ini adalah proses merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sehingga proses belajar dapat terjalin. Berdasarkan pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan oleh guru sebagai alat bantu mengajar. Dalam interaksi pembelajaran, guru menyampaikan pesan ajaran berupa materi pembelajaran kepada siswa.
- Schramm (dalam Putri, 2011: 20) media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran. Jadi media pembelajaran adalah alat bantu yang dapat digunakan untuk pembelajaran.
Dari beberapa pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah alat bantu mengajar untuk menyampaikan materi agar pesan yang disampaikan dapat mudah diterima oleh peserta didik dan menjadikan peserta didik lebih termotivasi dan aktif dalam pembelajaran.
Ciri-Ciri Media Pembelajaran
Media pembelajaran haruslah menunjang proses pembelajaran yang dilakukan agar proses belajar mengajar dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Berikut adalah ciri-ciri media pembelajaran yang baik yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran :
Namun perlu diperhatikan bahwa tidak seluruhnya media pembelajaran adalah berbentuk fisik, setidaknya tidak seutuhnya bersifat fisik, seperti misalnya pada media pembelajaran yang bertipe audio seperti misalnya rekaman percakapan yang digunakan untuk belajar mendengarkan dalam mata pelajaran bahasa Inggris, akan tetapi pasti ada unsur fisik yang menjadi ruang penggunaan media pembelajaran tersebut. Dengan kata lain, tidak ada media pembelajaran yang bersifat imaterial.
2. Model dari suatu konsep atau gagasan tertentu
Ciri media pembelajaran berikutnya adalah model dari suatu konsep atau gagasan tertentu. Maksudnya, media pembelajaran yang digunakan merupakan model terhadap suatu konsep materi pelajaran yang akan atau sedang dipelajari.
3. Adaptif
Media pembelajaran memiliki sifat adaptif, dalam arti menyesuaikan dengan tingkat pengguna model tersebut di lapangan. Model pembelajaran yang diberikan untuk anak kecil dalam mempelajari binatang tertentu tentu akan berbeda dengan model yang akan diberikan pada mahasiswa tingkat akhir di jurusan biologi. Perbedaan model ini justru akan mempermudah peserta didik atau mahasiswa dalam memahami konsep yang diajarkan sesuai dengan bidang pelajaran atau jurusan yang dimilikinya.
4. Interaktif
Interaktif berarti dapat digunakan oleh peserta didik yang mengikuti pembelajaran yang diajarkan oleh guru dalam mata pelajaran tertentu.
Ciri-ciri ini memang tidak terdapat pada semua media pembelajaran yang digunakan dalam pelajaran tertentu, akan tetapi rata-rata dan bila kita melihat dari latar belakang media pembelajaran tersebut, maka media pembelajaran pada umumnya akan memiliki sifat interaktif untuk memberikan peluang yang lebih besar bagi siswa didik dalam mempelajari materi yang diajarkan sehingga mereka dapat mempelajari materi tersebut dengan lebih cepat, selain juga menunjang komunikasi intrapersonal siswa tersebut ketika belajar.
5. Reuseble
Sifat Reuseble berarti dapat digunakan kembali sehingga bukanlah merupakan barang yang habis pakai seperti misalnya makanan dan lain sebagainya. Sifat atau ciri-ciri ini dapat membantu kita dalam membedakan mana media pembelajaran dan mana yang merupakan realitas konkret dari abstraksi yang mendasari dari penggunaan media pembelajaran tersebut.
Selain dapat digunakan kembali, media pembelajaran juga dapat dipecah menjadi bagian yang lebih kecil sehingga memungkinkan peserta didik untuk mempelajari bagian spesifik dari suatu realitas tertentu yang disimbolkan dari media pembelajaran tersebut.
6. Mempermudah penyampaian materi pembelajaran
Media yang digunakan harusnya mempermudah penyampaian dalam materi pembelajaran. membantu guru dalam menyampaikan suatu materi atau suatu konsep tertentu secara lebih konkret, mudah diterima oleh peserta didik, sehingga mengurangi beban abstraksi yang dimiliki oleh peserta didik tersebut dalam memahami pelajaran tersebut, sebagaimana menurut teori komunikasi interpersonal, bahwa komunikan akan lebih mudah memahami pesan apabila komunikator dapat menunjukkan realitas yang dimaksud dengan lebih jelas.
7. Edukatif
Seperti nama dan latar belakang yang dimilikinya, media pembelajaran memiliki sifat atau ciri yaitu edukatif. Maksudnya adalah media pembelajaran dibuat dan difungsikan dalam rangka pembelajaran untuk membantu pemahaman materi atau konsep pada peserta didik dan bukan untuk tujuan yang selainnya. Dengan demikian, media pembelajaran memiliki fungsi sebagai pembantu dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan peserta didiknya. Media pembelajaran yang baik oleh karenanya harus membantu proses belajar peserta didik, dan menunjang penyampaian materi yang dilakukan oleh seorang guru dan bukan menghambat atau mempersulitnya.
8. Meningkatkan hasil belajar
Inilah inti dari pembuatan media pembelajaran, yaitu meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Sehebat apa pun sebuah media pembelajaran, jika tidak mampu meningkatkan prestasi belajar peserta didik, itu sama saja bohong karena pada dasarnya media pembelajaran yang dibuat oleh seorang guru tujuannya adalah sebagai alat untuk menopang pembelajaran peserta didik, yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas serta prestasi belajar peserta didik itu sendiri.
Jenis-Jenis Media Pembelajaran
1. Media audio visual gerak, seperti : Film bersuara, film pada televisi, Televisi dan animasi.
2. Media audio visual diam, seperti : Slide.
3. Audio semi gerak, seperti : tulisan bergerak bersuara.
4. Media visual bergerak, seperti : Film bisu.
5. Media visual diam, seperti : slide bisu, halaman cetak, foto.
6. Media audio, seperti : radio, telephon, pita audio.
7. Media cetak, seperti : buku, modul.
Komentar
Posting Komentar